Tahu Senam Nifas? Ini Manfaatnya dan Cara Melakukannya

2 September 2018

Setelah proses persalinan, Anda akan mengalami masa-masa malas untuk melakukan aktivitas fisik. Mengurus bayi dan juga kondisi tubuh pasca melahirkan membuat Anda tidak ingin bergerak banyak sehingga berdampak pada berat badan. Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan melakukan senam nifas setelah persalinan dengan kondisi jahitan yang sudah mengering.

Tahu Senam Nifas Ini Manfaatnya dan Cara Melakukannya

Tahu Senam Nifas Ini Manfaatnya dan Cara Melakukannya

1. Memulihkan Otot

Senam nifas yang Anda lakukan akan bermanfaat untuk memulihkan otot-otot terutama pada area perut dan dasar panggul. Rasa pegal atau keram yang Anda alami karena menahan beban selama sembilan bulan akan segera pulih dan teratasi dengan mudah.

Bahkan rasa nyeri yang Anda alami juga bisa teratasi dengan mudah setelah melakukan senam nifas secara rutin. Otot-oto yang pulih juga sekaligus memberikan dampak untuk terjadinya perbaikan pada bagian tulang Anda sehingga menjadi lebih kuat. Anda dapat mendukung pemulihan otot ini dengan mengonsumsi susu khusus ibu yang lagi menyusui.

2. Meningkatkan Stamina

Senam nifas berfungsi untuk membuat stamina Anda meningkat dengan energi yang ikut menjadi naik. Stamina yang mulai stabil ini akan membuat kadar hormon endorfin di dalam tubuh menjadi meningkat sehingga membuat stress menjadi berkurang.

Senam nifas ini cocok sekali bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan. Anda akan mendapatkan tidur yang nyenyak karena kadar hormon endorfin yang memberikan rasa senang dan ketenangan dari dalam diri Anda.

3. Menurunkan Berat Badan

Senam memang selalu memiliki dampak yang baik bagi tubuh Anda dan selalu memberikan manfaat dalam penurunan berat badan. Anda dapat merasakannya dengan melakukan senam nifas secara rutin setiap minggunya sehingga tubuh Anda akan kembali ideal. Selain itu juga akan membantu Anda menghentikan inkontinensia urine.

4. Mengencangkan Vagina

Senam nifas juga memiliki manfaat untuk mengencangkan kembali bagian vagina Anda tanpa perlu repot melakukan perawatan yang ekstra. Anda akan mendapatkan kembali romantisme bersama sag suami tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Cara Melakukan Senam Nifas

  1. Memastikan kondisi otot-otot perut dalam keadaan rileks atau tidak tegang.
  2. Jangan menahan napas ataupun mengejan.
  3. Gerakkan bagian otot-otot yang digunakan saat menahan pipis.
  4. Gerakkan otot-otot tersebut dan tingkatkan tekanan sehingga terasa mengalami kontraksi.
  5. Ketatkan otot-otot perut dengan melakukan deham atau pun batik kecil sebanyak 3 kali.
  6. Tahan dalam waktu 5 hingga 10 detik sambil mengurangi tekanannya secara perlahan.
  7. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

Selama masa nifas Anda dapat bersantai membeli kebutuhan bayi dengan mengunjungi toko yang jual perlengkapan bayi secara online. Anda dapat berbelanja dengan mudah dan murah serta mendapatkan produk perlengkapan bayi yang berkualitas. Anda bisa melihat detail produk dengan jelas dan juga keterangan harga serta diskon yang berlaku sesuai ketentuan yang tertera.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+