6 Manfaat Pisang Hijau untuk Bagi Tubuh dan Kesehatan

7 Januari 2017

Percaya atau tidak, pisang hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan Anda. Faktanya, pisang hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk diet seimbang berkat manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh. Manfaat ini dapat bervariasi dari menurunkan berat badan, kontrol glukosa, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

6 Manfaat Pisang Hijau untuk Bagi Tubuh dan Kesehatan

6 Manfaat Pisang Hijau untuk Bagi Tubuh dan Kesehatan

Kandungan Pisang Hijau

Pisang hijau memiliki tingkat serat yang tinggi hingga 3,6 gram per cangkir (150 gram). Selain itu, pisang hijau juga merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin B kompleks dan mineral (kalsium dan magnesium). Selain itu, pisang hijau juga mengandung pati resisten, sejenis serat yang tidak bisa dicerna enzim perut sehingga dapat meningkatkan kesehatan mukosa usus dan bermanfaat untuk:

  • Lebih mudah dalam penyerapan nutrisi.
  • Mencegah organisme invasif memasuki tubuh.
  • Pakan bakteri yang penting untuk kesehatan gastrointestinal.

Manfaat Pisang Hijau untuk Bagi Tubuh dan Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat terbaik dari pisang hijau untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Manajemen berat badan

Pisang hijau memiliki setengah kalori sebagai makanan dengan karbohidrat konvensional. Selain itu, pati resistennya memiliki nilai serat yang tinggi. Pati resisten ini membantu Anda merasa kenyang secara signifikan dan mengurangi nafsu makan.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa menambahkan pisang hijau ke dalam diet Anda akan sepenuhnya menghilangkan rasa lapar. Agar proses penurunan berat badan berhasil, Anda harus menggabungkan pisau hijau dengan makanan lain dan olahraga yang konsisten.

2. Pengaturan kolesterol

Konsumsi rutin makanan seperti pisang hijau dapat membantu menurunkan produksi kolesterol LDL secara signifikan. LDL adalah “kolesterol jahat” yang dapat ditemukan di dalam hati. Ketika kolesterol LDL dihilangkan melalui sistem pencernaan Anda, hal tersebut akan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai “kolesterol baik.”

3. Mempromosikan kesehatan kardiovaskular

Pisang hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk menjadi bagian dari diet sehat. Pisang hijau dapat mempromosikan kesehatan kardiovaskular karena mampu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Selain meningkatkan tingkat HDL dalam tubuh sebagai upaya mempromosikan kesehatan kardiovaskular, pisang hijau juga mampu mencegah retensi LDL di dinding pembuluh darah, mencegah serangan jantung dan jenis penyakit kardiovaskular lainnya, serta menghilangkan kemungkinan peradangan yang dapat mempengaruhi jantung dan seluruh area dada.

4. Mencegah diabetes

Pisang hijau mampu mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Pisang hijau dapat mengontrol dan membantu mencegah timbulnya diabetes tipe II. Hal ini terjadi karena lepasnya gula ke dalam aliran darah setelah makan pisang jenis ini. Akibatnya, mencegah kadar gula darah berubah dan mempromosikan pelepasan insulin yang stabil.

Dengan mengatur kadar insulin dalam aliran darah, sehingga pisang hijau juga dapat membantu:

  • Menurunkan lemak.
  • Mempercepat metabolisme.
  • Mengurangi nafsu makan.

Sifat-sifat ini membuat pisang hijau menjadi makanan yang sempurna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan serta mereka yang menginginkan hidup lebih sehat.

5. Mempromosikan pembakaran lemak

Salah satu manfaat terbaik pisang hijau adalah secara signifikan mempercepat pembakaran lemak yang disimpan di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena stimulasi hormon glukagon yang bertanggung jawab atau mempercepat thermogenesis.

6. Memberi energi

Manfaat penting lainnya dari pisang hijau adalah sebagai makanan yang memberi energi, terutama ketika Anda membutuhkan pemulihan otot yang cepat.

Selain itu semua, pisang hijau juga mengandung vitamin B5 dan konten triptofan yang membantu sintesis serotonin neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk:

  • Merangsang sensasi yang berhubungan dengan kesenangan dan kesejahteraan.
  • Membantu tidur nyenyak dan nyenyak.
  • Mengurangi kecemasan dan depresi secara signifikan.

Nah, itulah 6 Manfaat Pisang Hijau untuk Bagi Tubuh dan Kesehatan. Semoga bermanfaat 😀

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+